Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GOOGLE MELUNCURKAN APLIKASI PENGHEMAT INTERNET DATALLY




Google baru saja meluncurkan aplikasi untuk membantu pengguna ponsel Android, datally adalah aplikasi manajemen guna memantau dan mengontrol penggunaan kuota di smartphone Android. Selain itu terdapat fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencari lokasi hotspot internet.

Datally terlahir dari tim Next Billion Users, Google, dengan tujuan untuk memperluas jangkauan pengguna internet di negara berkembang seperti Brasil, Indonesia, dan Filipina.

Menurut Vice President Next Billion Users Caesar Sengupta, di negara berkembang masih terdapat beberapa tantangan yang masih menjadi kendala dalam perluasan internet seperti harga data yang mahal, serta kurangnya pemahaman menggunakan data internet.

Ada beberapa tantangan memperluas internet yang jadi masalah di negara berkembang seperti spesifikasi smartphone yang belum memadai, kemudian kadang juga harganya mahal, dan masih bingung cara memanfaatkannya," ujarnya di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

“Aplikasi ini diluncurkan perdana di Indonesia, setelah itu secara global,” kata Wakil Direktur Tim Next Billion User Google, Caesar Sengupta, saat peluncuran di Jakarta.

Datally, menyasar pengguna baru ponsel pintar dan mereka yang memperhatikan konsumsi data, memiliki fitur-fitur yang dapat mengatur penggunaan data secara harian.

Tampilan home aplikasi ini menampilkan jumlah konsumsi data secara aktual serta aplikasi mana saja yang banyak mengonsumsi data.

Pengguna dapat mengelola seberapa banyak konsumsi data yang diinginkan agar dapat menghemat, misalnya mengatur konsumsi sebanyak 2GB dalam satu minggu, serta mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan menggunakan data internet.

Saat membuka aplikasi, akan muncul balon pop-up yang menunjukkan berapa banyak data yang sedang dipakai saat aplikasi tersebut aktif.

Dengan Datally, Caesar mengklaim bahwa pengguna bisa menghemat kuota internet hingga 30%. Ini karena aplikasi tersebut bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Pengguna juga bisa memantau setiap penggunaan kuota internet dalam periode tertentu semisal dalam per bulan atau per minggu. Kemudian mereka juga dapat mencari lokasi wifi terdekat melalui fitur pencariannya.

Dalam sistem pencarian wifi ini, pengguna Datally bisa berbagi informasi mengenai kualitas koneksi wifi di suatu tempat. Dengan begitu mereka bisa memilih atau memberikan rekomendasi kepada pengguna lainnya.

Datally sudah tersedia di toko Google Play Store secara global dengan file berukuran 6 MB. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Google belum merencanakan membawa aplikasi ini ke perangkat iOS.

Posting Komentar untuk "GOOGLE MELUNCURKAN APLIKASI PENGHEMAT INTERNET DATALLY"