Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperpanjang Domain di Niaga Hoster ( .com, .xyz, co.id, net.id, or.id, web.id, .net, .org, )

Cara Memperpanjang Domain di Niaga Hoster ( .com, .xyz, co.id, net.id, or.id, web.id, .net, .org, ) - Perpanjangan domain merupakan hal wajib untuk kita yang mempunyai website, dengan domain maka kita sebagai pemilik Blog baik itu blogger atau wordpress akan merasa bangga karena blog yang kita buat sudah premium. Nah, kira-kira apa sih domain itu ?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
Domain sendiri memberikan kemudahan akses kepada pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Adapun Domain memiliki beberapa level, yaitu :

1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti

  • .com (dotcommercial)
  • .net (dotnetwork)
  • .org(dotorganization)
  • .edu(doteducation)
  • .gov(dotgoverment)
  • .mil(dotmilitary)
  • .info (dotinfo)
  • dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). 

gTLD adalah seperti yang pada di list diatas

ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

Nah, bagaimana, sudah mengerti kan apa itu Domain dan macam-macamnya, sekarang yang akan saya bahas adalah berbagi ilmu mengenai cara memperpanjang Domain di Niaga Hoster, silahkan ikuti ya tahap - tahapnya :

1. Silahkan masuk ke alamat website resminya yaitu : https://niagahoster.co.id
2.Silahkan lanjut dengan pilih Login
3. Silahkan masukkan Alamat Email yang anda pernah daftarkan dan pasword anda, setelah itu silahkan Login
 4. Setelah anda berhasil masuk, silahkan anda pilih Hosting & Domain
5. Setelah ketemu domain anda dan silahkan cek masa aktif dari domain anda, jika hampir habis silahkan anda perpanjang dengan menekan tombol Kelola
6. Pilih Perpanjang sekarang
7. Nah, disini anda akan diarahkan ke pembayaran dengan nominal sesuai dengan nama domain anda, disini saya memperpanjang dengan domain .com, Setelah anda diarahkan ke menu pembayaran silahkan anda klik Perpanjang Sekarang
8. Disini anda disuruh mentransfer ke rekening milik perusahaan Niaga Hoster dengan cara sms banking, ATM Banking, Atau Via Internet Banking, silahkan anda transfer dengan nominal sesuai total keseluruhan, misal 127.879 maka anda silahkan transfer dengan nominal tersebut, 3 angka dibelakang adalah nomor unik yang wajib anda samakan supaya pihak niaga cepat menvalidasi akun anda.


9. Silahkan anda chat dengancustumer servisenya setelah anda menyertakan bukti transfer maka semua proses langsung diselesaikan oleh pihak niaga Hoster.

Nah, bagaimana, gampang kan, cara untuk memperpanjang domain kita di niaga hoster. semoga artikel ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin memperpanjang domainnya di niaga hoster. terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memperpanjang Domain di Niaga Hoster ( .com, .xyz, co.id, net.id, or.id, web.id, .net, .org, )"