Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Niat atau Lafadz Puasa, Buka Puasa, dan Sahur, Ramadhan 1439 H Kamis 17 Mei 2018

Doa Niat atau Lafadz Puasa, Buka  Puasa, dan Sahur, Ramadhan 1439 H Kamis 17 Mei 2018  - Bulan Ramadhan 1439 H jatuh pada hari kamis tanggal 17 Mei 2018 yang mana pada tanggal 16 Mei 2018 sudah ditetapkan oleh mentri keagamaan mengenai Isbat di beberapa stasiun Televisi, maka bulan ramadhan akan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Untuk Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan bahwa bulan Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018 dan tahun ini antara NU dan Muhammadiyah akan melaksanakan bulan puasa bersama di hari kamis.

Image result for gambar buka puasa vector anak
Datangnya bulan Ramadhan sangat ditunggu -tunggu oleh semua umat islam di dunia, karena dengan berpuasa dibulan Ramadhan ini insyaAllah semua amalan yang sudah dikerjakan dengan baik maka akan diterima oleh Allah S.W.T. Disini saya akan membagikan kepada kalian artikel yang membahas tentang do'a, di bulan puasa ini admin mulai akan membahas beberapa artikel mengenai bulan Ramadhan.

Berikut doa untuk niat berpuasa, doa saat berbuka, dan niat sahur.

Berbicara mengenai niat, pastinya sangat penting sekali dalam melakukan sesuatu, karena tanpa niat maka anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari semua yang sudah dikerjakan. Dalam islam sangat dianjurkan sekali.

Niat puasa Ramadhan

Image result for niat puasa

Doa Berbuka Puasa :
Image result for doa berbuka puasa
Doa Sahur

Dalam kitab-kitab hadits, tidak ada doa khusus ketika makan sahur. Pun dalam kitab-kitab fiqih terkemuka (Misalnya Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab), hanya dicantumkan doa berbuka namun tidak dicantumkan doa sahur.

Dengan demikian, doa sebelum makan sahur sama dengan doa sebelum makan. Yakni:

بِسْمِ اللَّهِ
Bismillah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”



Membaca basmalah ini berdasarkan hadits shahih:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Sedangkan doa yang lebih populer namun dipersoalkan keshahihannya adalah:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Jumhur ulama selain madzhab Syafi’i sepakat bahwa makan sahur sudah dianggap niat puasa, kecuali saat makan sahur berniat tidak puasa. Sedangkan menurut madzhab Syafi’i, makan sahur tidak dianggap niat puasa kecuali jika makan sahurnya disertai niat puasa.

Niat puasa, menurut madzhab syafi’i disunnahkan dilafalkan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Sedangkan menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Untuk do'a sahur yang sudah diajarkan oleh ngaji saya di kampung dengan membaca :

اللهم بءكل هدطءم سننتس سهر


Nah, diatas adalah doa niat puasa, berbuka puasa dan sahur. Semoga anda bisa menjalankan ibadah bulan puasa dengan baik dan tidak ada halangan apapun.

Posting Komentar untuk "Doa Niat atau Lafadz Puasa, Buka Puasa, dan Sahur, Ramadhan 1439 H Kamis 17 Mei 2018 "